• Hubungi Kami

    081267292773
  • Email

    ppidpariamankota@gmail.com

Diskominfo Kota Pariaman Lakukan Monitoring dan Evaluasi SP4N-LAPOR

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pariaman melakukan Rapat Koordinasi dan Evaluasi Pelaksanaan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N-LAPOR) SP4N-Lapor untuk seluruh admin di Kota Pariaman. Kegiatan ini di buka langsung oleh Asisten I Yaminurizal dilaksanakan diruang rapat Walikota Pariaman, Rabu (19/11).

“Diskominfo Kota Pariaman mengadakan Rapat Koordinasi dan Evaluasi Pelaksanaan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N-LAPOR)  untuk para admin OPD se Kota Pariaman. Ini merupakan langkah lanjutan yang dilaksanakan Diskominfo terkait adanya pergantian admin diingkungan Pemerintah Kota Pariaman, “ ungkap Asisten I Yaminurizal usai membuka sosialisasi SP4N-Lapor.

Salah satu upaya perbaikan kualitas pelayanan publik yang ada di Kota Pariaman adalah dengan memberikan akses seluas-luasnya kepada masyarakat untuk dapat menyampaikan Pengaduan atas pelayanan yang diberikan selama ini oleh pihak-pihak tertentu.

“Pendampingan sangat penting dilakukan karena tindak lanjut aspirasi masyarakat dan tata kelola pengaduan publik yang terbuka dan akuntabel merupakan ukuran kinerja lembaga atau pemerintah daerah.

Lebih lanjut, Yaminurizal mengatakan bahwa kegiatan ini diaksanakan untuk peningkatan pelayanam kepada masyarakat dan mengawasi sejauh mana pelayanan publik ini, agar pelayanan dihasilkan dapat memuaskan masyarakat.

“Kita harapkan adanya pengaduan dari masyarakat sebagai bentuk untuk memberikan dukungan, kritik dan solusi untuk mendapatkan pelayanan yang lebih baik,"harapnya.

Sementara itu Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Kota Pariaman Eka Putra Pernanda mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan agar SP4N-Lapor bisa lebih tersosialisasi lagi dan seluruh masyarakat bisa mengetahuinya.

“Ini merupakan pengaduan online masyarakat yang langsung diawasi oleh Ombudsman RI. Kita didaerah harus betul - betul mengelola dengan baik agar agar seluruh pengaduan yang disampai kepada aplikasi SP4N-Lapor bisa diselesaikan dengan baik dan tepat waktu, “ ungkapnya.

Ombudsman merupakan Lembaga Negara yang bersifat mandiri dan tidak memiliki hubungan organik dengan Lembaga Negara dan instansi pemerintahan lainnya, serta dalam menjalankan tugas dan wewenangnya bebas dari campur tangan kekuasaan lainnya. Ombudsman dalam menjalankan tugas dan wewenangnya berasaskan Kepatutan, Keadilan, Non-diskriminasi, Tidak memihak, Akuntabilitas, Keseimbangan, Keterbukaan dan, Kerahasiaan.

“Kita berharap aplikasi pengaduan online ini bisa sampai ditengah masyarakat agar masyarakat di Kota Pariaman tidak termakan isu dan terpengaruh oleh berita hoax yang banyak beredar. Masyarakat bisa bijak dalam mendapatkan informasi sehingga bila ada kekeliruan, masyarakat bisa bertanya langsung lewat aplikasi ini. Caranya sangat mudah dan simpel. Masyarakat cukup melaporkan pengaduannya dengan cara ketik pariamankota.lapor.go.id atau bisa langsung kirim SMS dengan cara ketik Pariaman spasi aduan kirim ke 1708, “ tutupnya.

detail data ppid